Minggu, 15 April 2012

Asal mula desa Cowek

Cerita dongeng dari nenekku ini berawal di sebuah hutan jati belantara. Tepatnya didaerah jawa timur. Disebuah hutan jati yang lebat tinggallah seorang kakak tua bernama Mbah rejo. Beliau seorang yang baik hati namun memiliki kebiasaan yang unik. Tinggal disebuah hutan dan hidupnyapun dengan memanfaatkan hasil alam. Mencari kayu bakar dan pergi ke pasar untuk menjualnya. Beliau hidup begitu sederhana di sebuah gubuk.

Seorang kakek yang pertama tinggal ditempat itu yaitu mbah Rejo memiliki sebuah kebiasaan yaitu setelah pohon jati ditebang bekas tebangan tersebut diberi cowek. Cowek tersebut diletakkan dengan tertelungkup diatas pangkal pohon jati yang telah di tebang. Bukan hanya namun setiap selesai makan atau kegiatan yang menggunakan cowek, beliau meletakan cowek tersebut di atas bekas tebangan pohon jati. Oleh masyarakat kemudian setelah sepeninggal mbah rejo disebut desa Jati Rejo Cowek. Nama desa ini dibuat untuk mengenang mbah rejo yang telah tinggal pertama disana yang istilah jawanya mbabat alas desa Cowek.

Nama desa Jati Rejo Cowek kemudian mengalami pergeseran panggilan. Semakin tahun, setiap orang yang menyebut nama desa semakin memilih untuk menyebut dengan mudahnya, sehingga Desa Jati Rejo Cowek berubah nama menjadi Desa Cowek.

Desa Cowek ini terletak di daerah kawasan Kecamatan Prigen, Kabupaten : Pasuruan Profinsi : Jawa Timur. Terletak di dekat Taman Safari Indonesia II Dayu. 
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

1 komentar:

Berikan komentar terbaik kalian dan jangan nyepam yach.