Jumat, 18 Mei 2012

Indonesia Go Blog, Tinta di atas awan

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang subur. Saat aku kecil nenekku pernah berkata "tanah kita itu subur, jadi jaman dahulu sebelum seseorang berangkat haji, mereka menancapkan batang ketela pohon dan setelah pulang dari Haji ketela itu sudah berbuah". Jaman dahulu belum ada pesawat sehingga seseorang berangkat haji hingga berbulan-bulan dan tanah Indonesia belum ada pencemaran limba sehingga tanpa pupukpun tanaman bisa berbuah dengan baik.

Selain terkenal subur, Indonesia juga terkenal dengan perbedaan suku dan budaya. Berbagai suku diIndonesia memiliki seni budaya yang berbeda. Paling mencolok dari perbedaan tersebut adalah pakaian. Indonesia terkenal dengan pakaian dengan corak batik, namun setiap daerah memiliki ciri khas goresan batik tersendiri. Ini bukti bahwa masyarakat Indonesia sebenarnya kreatif. Belum lagi Indonesia juga terkenal dengan karyanya yang melegenda seperti puisi, lagu ataupun lainnya baik berbahasa Indonesia ataupun berbahasa daerah.

Dewasa ini gencar diadakan aksi pelesatarian budaya sehingga banyak acara digelar untuk melestarikannya. Sebuah karya, ide kreaatif baik berupa penemuan ataupun karya tulis sudah selayaknya dilindungi dari kepunahan. Seperti halnya batik dan beberapa lagu karya anak Bangsa Indonesia yang diklaim negara lain, mencerminkan kurangnya perliandungan atas hak cipta dari kreatifitas anak bangsa.

Ternyata bukan hanya dalam dunia nyata banyak sekali sebuah hak cipta entah itu hanya sekedar sebuah ide kreatif berupa artikel atau curhatan Belakangan ini banyak sekali pencurian artikel di dunia blogging. Sebenarnya saya bukan seseorang yang fanatik pada sebuah titik dan tidak mau membagi pengetahuan. Namun sangat disayangkan masih banyaknya blogger Indonesia yang Copas artikel dari blog lain tanpa mencantumkan sumber. Apalagi blogku adalah blogspot yang gratisan tanpa memakai alat bantu sofware atau apalah untuk menaikkan trafik.

Apasih ngeblog itu menurut kamu?
Buatku ngeblog adalah berbagi, mengabadikan, berkreasi dan berinofasi
  • Berbagi : Dengan ngeblog kita dapat berbagi informasi, berita, ilmu, pengalaman tips, trik dan lainnya.
  • Mengabadikan : Ngeblog menurutku adalah sebuah cara bagaimana kita dapat mengabadikan pengalaman, berita, informasi, pengalaman dan lainnya sesuai tanggal yang kita submit. Postingan yang kita buat akan lebih muda dalam penyimpanan seperti foto atau gambar serta artikel kita. sebuah buku yang tidak basa di celum dalam air dan tidak terbakar jika disulut.
  • Berkreasi : Ngeblog buat aku adalah sebuah cara yang menuntut diriku sendiri untuk berkreasi dalam mengola informasi yang aku dapatkan. Informasi atau berita kita sampaikan sesuai dengan gaya bahasa kita. Originalitas merupakan kebanggaan tersendiri bagiku. Sempat ingin copas gara-gara sebuah artikelku dibajak oleh lebih dari satu blog dan mereka semua berada di atasku. Pembajakan 100% yang mengalahkan pemilik artikel serta tidak adanya sumber bisa membuat jiwa penulis down.
  • Berinovasi : Bagaimana kita seorang yang memilih untuk ngeblog harus konsisten. Betapapun tidak ada informasi atau berita yang bisa kita sampaikan namun kita bisa berinovasi untuk membuat artikel yang berguna seperti resep masakan ciptaan sendiri atau lainnya. Kita juga bisa berkreasi dalam tampilan blog.
Apa menurutmu blog itu  ? Sebuah media yang mampu menyimpan sebuah artikel baik berita ataupun lainnya dalam jangka waktu yang tidak ditentukan, dapat tersebar secara otomatis keseluru pelosok dunia pengguna Internet.
Blog merupakan sebuah cara kita mematenkan artikel kita, karena dari sebuah blog akan terlihat jelas siapa pemiliknya daari tanggal publish. Blog juga salah satu cara praktis memasarkan sesuatu. Banyak sekali kegunaan blog bagiku.
Blog adalah Tinta di atas awan. Dimanapun awan itu berada akan terlihat oleh semua orang. Akan mengguyuri setiap orang dibawahnya tanpa terkecuali. Akan mengisi setiap cela yang ada di pencarian Internet. Pembacanya juga tidak dibatasi Usia. Maka dari itu marilah kita ngeblog dengan baik karena kita harus sadar bahwa pembaca blog bukanlah manula atau ibu-ibu saja, namun segala kalangan. Sebuah alasan yang cukup baik setiap informasi penting yang dapat dikonsumsi umum lebih cepat menyebar kepelosok dunia.
Apa pengaruh pencurian artikel blog menurutmu?
  • Bagi pemilik artikel akan dirugikan secara materiel atau imateriel, secara tidak langsung pencurian artikel akan membuat pengunjung berkurang dikarenakan dalam pencarian pemilik bisa saja dalam urutan jauh di bawahnya. Hal ini dapat menurunkan trafik dan menurunkan kepercayaan pengiklan di blog untuk terus memasang iklannya diblog tersebut.
  • Mematikan kreatifitas, sang pemilik akan cenderung menjadi mati kutu saat mengetahui artikelnya dicuri apalagi jika dalam pencarian blognya kalah.
  • Sang pencuri artikel akan terus ingin dan ingin (ketagihan)  untuk copas tanpa ijin atau tanpa memberikan sumber. dengan anggapan hanya dengan berkunjung dan copas yang membutuhkan waktu beberapa menit saja pengunjung yang banyak akan langsung di dapatkan. Hal ini juga berdaampak dalam penghasilan, semakin besar trafik maka kemungkinan mendapatkan pengiklan lebih banyak.
  • Sang pemilik artikel bisa saja tidak terima dengan apa yang di alaminya sehingga dia akan melaporkan ke google. Google akan menganggap blog tersebut adalah Spam atau sampah jika sang pemilik melaporkan sebagai spam. Namun kemungkinan terburuk adalah Banned atau penghapusan blog jika si pemilik artikel melaporkan sebagai pelanggaran hak cipta. Tidak sadarka Copas adalah pelanggaran hak cipta atas sebuah artikel.
Dari sekian banyak penjelasanku ayo kita ngeblog secara baik dan mematuhi kode etik yang berlaku. Kode etik ini bisa berupa hak cipta, tidak megandung SARAH ataupun lainnya.
Jadikanlah pena karya Anak Bangsa Indonesia terus menggores diatas awan yang putih dengan tinta emas kebanggaan.

Indinesia Go Blog

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

12 komentar:

  1. Wah mangstab nih mbak..
    banyak blogger bertebaran

    tapi emang masih buta sama kode etik..
    banyak blog-blog copas, tapi mudah-mudahan dengan campaign ini perlahan-lahan bisa
    memperbaiki kebiasaan tersebut yaa :D

    BalasHapus
  2. Super sekali. :) Salam Solid!

    BalasHapus
  3. iya tuh stuju..no copas!!!

    sejelek tulisan kita jauh lebih berharga..

    BalasHapus
  4. Patuhi aturan dan tata tertib yang berlaku di dunia blogger
    salam solid :))

    BalasHapus
  5. 8ball
    siapp..

    Gopar-it
    karya sendiri walaupun kata orang jelek tapi kita nulisnya pakek tinta emas, bangga eiii

    Hadi kurniawan
    terima kasih mas

    Anisa nisa
    Terima kasih
    kalau kita yang blogger lama saja Copas
    apa lagi generasi berikutnya...

    terima kasih semuanya yang sudah koment..
    kunback meluncurrr.....

    BalasHapus
  6. betul sob,,suka saya itu

    BalasHapus
  7. salam solid dulu donk :D
    setuju sekali, soalnya gini kak, orang pertama buka internet ya buka facebook, google, nah di google nyasar ke blog2, makanya isi blog juga harus bagus pula :D

    BalasHapus
  8. Betuuuuuullll... sesama blogger harus ngerti kode etik dalam perblogan... salah satunya ya menghargai hasil karya blogger lain dengan tidak melakukan pencurian artikel... :D
    Nice post! Salam solid! :D

    BalasHapus
  9. Ayo kita ngga jadi seperti mereka, kita jadi yang berdiri sendiri dengan usaha sendiri =)

    Salam solid

    BalasHapus
  10. Redbike, aku setuju itu..
    tapi klo jadi lemot orang juga gak bakalan mau nerusin..

    BalasHapus

Berikan komentar terbaik kalian dan jangan nyepam yach.